Terima Kasih yang Sudah Mengunjungi Blog Saya, Semoga Bermanfaat . Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda.

School

SMA Negeri 1 Bintan




VISI

MEWUJUDKAN SMAN 1 BINTAN SEBAGAI SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL TAHUN 2015

MISI

  1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Membangun dan melestarikan budaya Indonesia
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan untuk dapat Diterima di Perguruan Tinggi
  4. Membudayakan dan meningkatkan penguasaan bahasa asing khususnya Bahasa Inggris untuk semua warga sekolah
  5. Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidikan dan kependidikan
  6. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana
  7. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan mengikut sertakan semua guru dalam pelatihan – pelatihan dan MGMP
  8. Meningkatkan budaya gemar membaca bagi seluruh warga sekolah
  9. Meningkatkan penguasaan guru terhadap penggunaan multimedia pembelajaran yang didukung oleh ICT
  10. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan oleh seluruh warga sekolah

TUJUAN SEKOLAH
Berikut dirumuskan tujuan yang perlu dicapai dalam jangka pendek sejalan dengan misi sekolah diatas :

  1. Pada tahun pelajaran 2009/ 2010 kehadiran peserta didik lebih dari 96 %
  2. Tingkat kelulusan Peserta didik 92%
  3. Kelengkapan dan ketertiban Administrasi Guru 100 %
  4. Kehadiran Guru dan Tata Usaha 100%
  5. Target pencapaian rata-rata nilai Nilai Ujian Akhir 7,8
  6. 58 % lulusan dapat diterima di PTN, baik melalui PMDK, BPUD maupun UMPTN/SPMB. Yang tidak melanjut kan keperguruan tinggi diakhir tahun 2009/ 2010 telah memiliki bekal keterampilan hidup
  7. 82% peserta didik yang beragama Islam dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar
  8. Memiliki kegiatan pengembangan diri : Imtaq, KIR, PMR, Seni Drama, Seni Tari, Seni suara, Mading, English Community, Takraw, Sepakbola
  9. Memiliki ekstra kurikuler unggulan : Marching Band, Pramuka , Silat, dan Volly ball
  10. Menjadi Juara olimpiade sains tingkat Kabupaten Bintan
  11. 75% peserta didik , pendidik dan tenaga kependidikan dapat aktif berbahasa Inggris
  12. 85% peserta didik dapat mengoperasikan program Ms. Word dan Ms. Excel
  13. Melengkapi ruang Multimedia serta penataan taman sekolah
  14. Perbaikan dan pemberdayaan laboratorium IPA
  15. Pengerasan lapangan Basket dan Volley
  16. Perbaikan dan melengkapi fasilitas ruang belajar
  17. Penambahan sarana ruang belajar
  18. Pembudidayaan tanaman dengan sistem Hidroponik
  19. 10% Peserta didik mampu berkomunikasi sederhana dengan Menggunakan bahasa Jerman

A. IDENTIFIKASI TANTANGAN SEKOLAH

  1. Kualitas Lulusan
  2. Rata – rata nilai Ujian Nasional yang dicapai adalah 78,76 % dan yang direncanakan untuk dicapai di tahun pelajaran 2009 / 2010 adalah 7,9 %
  3. Lulusan yang diterima di PTN
  4. Pada tahun sebelumnya persentasi lulusan yang melanjutkan pendidikan diperguruan tinggi negeri masih sekitar 48 %, sedangkan target ditahun 2010 adalah 58 %
  5. Lulusan yang tidak melanjutkan diperguruan tinggi
  6. Pada umumnya lulusan yang tidak melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi akan mencari pekerjaan . Sedangkan kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki belum memenuhi persyaratan yang dibituhkan untuk melakukan pekerjaan yang di tawarkan. Oleh karena itu, sekolah memandang perlu bahwa dicarikan suatu terobosan untuk membekali mereka dengan keterampilan – keterampilan hidup yang cocok dengan kebutuhan di daerah dan minat yang ada. Pada tahun 2010 ini sekolah masih memandang perlu pembekalan bagi siswa – siswi yang sekarang berada di kelas X, XI, XII
  7. Prestasi dibidang olahraga
  8. Keberadaan tim olahraga belum terorganisir secara berkesinambungan sehingga prestasi yang dicapai sejauh ini masih banyak ditentukan keberuntungan memiliki pemain yang secara alamiah sudah bagus. Untuk peningkatan prestasi perlu dibentuk pelatihan dan tim yang berkelanjutan

B. SASARAN / KEBUTUHAN SEKOLAH

  1. Aspek peningkatan Manajemen Sekolah
    • Pemberdayaan staff administrasi dan tenaga pengajar
    • Peningkatan kemampuan profesional staff administrasi dan tenaga pengajar didalam menjalankan fungsi masing – masing
  2. Aspek pengembangan kurikulum dan sistem pengujian
    • Mampu menjalankan dan mengembangkan KTSP yang mengarah kepada:
      1. Pendidikan kerohanian dan keagamaan
      2. Pengusahaan teknologi dan informatika
      3. Pendidikan olahraga yang terarah / profesional
    • Menambah ekstrakurikuler bagi siswa
    • Evaluasi proses belajar mengajar dan ekstra diadakan dengan, Ujian tulisan , lisan dan praktik
  3. Aspek Pembinaan Kesiswaan
    • Mendidik , membina kerohanian siswa dengan cara
    • Memberi santapan rohani secara rutin
    • Pengajian dan pendalaman masalah ketauhidan
    • Menumbuh kembangkan bakat siswa dibidang seni, olahraga, dan kepemimipinan
    • Meningkatkan penguasaan ilmu sesuai dengan jurusan yang menjadi pilihan
  4. Aspek pengembangan fasilitas / sarana dan prasarana
    • Melengkapi ruang laboratorium IPA supaya masing – masing mata pelajaran IPA (Fisika, Kimia, Biologi) memiliki ruang labor sendiri -sendiri
    • Melengkapi alat – alat laboratorium (fisika, kimia , biologi)
    • Melengkapi alat – alat dan ruang laboratorium komputer
    • Melengkapi buku – buku perpustakaan
    • Melengkapi sarana penunjang perpustakaan
    • Penambahan ruang belajar siswa yang ideal
    • Melengkapi alat – alat laboratorium Bahasa
  5. Aspek pembangunan ketenagakerjaan / personalia
    • Peningkatan kesejateraan
    • Peningkatan profesionalisme kerja dengan cara mengikuti pelatihan
    • Melengkapi fasilitas pelatihan
  6. Aspek lainnya
    • Meningkatkan kerjasama antara sekolah dan masyarakat
    • Meningkatkan kerjasama sekolah dan orang tua siswa/ siswi
    • Mengembangkan sumber perekonomianr

      Jika ingin mengetahui libih lanjut 
      Klik disini. Terima kasih.